Senin, 30 Maret 2015

Perdagangan Anak dan Perempuan suatu Tindak Kejahatan



Oleh:
Devi Ciptyasari (11406244008)*

Globalisasi membawa arus pergerakan manusia menjadi lebih leluasa bergerak dari satu negara ke negara lainnya. Dengan kata lain, globalisasi telah menimbulkan hilangnya batas-batas yurisdiksi antar negara. Fenomena praktik perdagangan manusia khususnya pada anak dan perempuan merupakan salah satu kejahatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang menjadi perhatian masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.  Hak Asasi Manusia adalah hak yang bersifat apriori dan merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha  Esa  sejak  manusia  ada  atau  dilahirkan.
Perdagangan orang (trafficking) menurut definisi dari pasal 3 Protokol PBB berarti perekrutan, pengiriman, pemindahan, penampungan, atau penerimaan seseorang, dengan ancaman atau penggunaan kekerasan atau bentuk-bentuk lain dari pemaksaan, penculikan, penipuan, kebohongan atau penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan atau memberi atau menerima pembayaran atau memperoleh keuntungan agar dapat memperoleh persetujuan dari seseorang yang berkuasa atas orang lain, untuk tujuan eksploitasi. Eksploitasi termasuk paling tidak eksploitasi untuk melacurkan orang lain atau bentuk-bentuk lain dari eksploitasi seksual, kerja atau pelayanan paksa, perbudakan atau praktek-praktek serupa perbudakan, penghambaan atau pengambilan organ tubuh.
Perdagangan manusia sudah menjadi masalah kemanusiaan berskala global yang melibatkan banyak negara, baik sebagai negara asal, negara tujuan maupun negara transit, menjadikan permasalahan ini bersifat makin kompleks. Kerumitan permasalahan semakin meningkat seiring dengan makin rapi dan terorganisirnya jaringan kejahatan lintas negara ini. Indonesia ditenggarai sebagai negara dengan kasus perdagangan orang untuk pemasaran domestik yang meluas dan bahkan menjadi negara sumber (supplier) bagi trafficking internasional. Ribuan perempuan dan anak-anak dari Indonesia dikirim ke berbagai negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Jepang, Australia, dan Amerika Utara sebagai tenaga Pembantu rumah tangga, pekerja seks komersial, adopsi, dan bentuk-bentuk kerja paksa lainnya bahkan perbudakan yang berkedok pernikahan.
Indonesia sendiri dikenal sebagai negara sumber, negara transit, sekaligus negara tujuan Human Trafficking.. Sebagai negara sumber berdasarkan laporan US Departement of State Human Rights tahun 2006 menyebutkan bahwa perempuan dan anak Indonesia yang diperdagangkan untuk eksploitasi seksual dan tenaga kerja ke Malaysia, Singapura, Brunei, Taiwan, Jepanng, Hong Kong, dan Timur Tengah. 

Kejahatan trafficking sulit dibendung di negara-negara berkembang. Sebab, tindak kejahatan trafficking antara lain dilatar belakangi masalah rendahnya tingkat pendidikan, kebutuhan ekonomi, pengangguran, dan kemiskinan. Beberapa penyebab trafficking itu selalu ada di negara-negara berkembang termasuk di Indonesia, karena negara yang tidak maksimal dalam memberikan proteksi kepada warga negaranya, ataupun kelalaian dalam mencegah masuknya pendatang ilegal dari negara lain. Korban trafficking dari Indonesia seperti tenaga kerja wanita (TKW) dan anak-anak mudah dijumpai di Malaysia, Singapura, beberapa negara Timur-Tengah, Hongkong, dan Jepang. Korban biasanya dijanjikan bekerja di Restouran atau toko dengan upah tinggi, tetapi begitu sampai di Negara tujuan dipaksa bekerja di tempat-tempat hiburan atau klub malam.
Menurut pemetaan yang dilakukan oleh Koalisi Perempuan di daerah pantai utara Jakarta, setiap bulanya ada belasan anak perempuan dikirim ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Mereka dieksploitasi untuk bisnis pelacuran oleh calo atau orang tuanya sendiri demi menyelamatkan kehidupan keluarga anak-anak tersebut dari kemiskinan.

Trafficking, terutama perempuan dan anak untuk prostitusi dan tenaga kerja paksa adalah satu dari kejahatan yang berkembang paling cepat  di dunia. Trafficking saat ini menjadi sumber keuntungan ilegal terbesar ketiga dalam hal kejahatan yang terorganisir, setelah obat-obatan terlarang dan bisnis senjata. Kejahatan trafficking ini menghasilkan ratusan triliyun rupiah setiap tahun. 
Langkah-langkah untuk mencegah dan menanggulangi perdagangan perempuan dan anak dilakukan dengan upaya kerjasama lintas negara dan terpadu. Negara sebagai pengambil kebijkan, sangat berperan dalam upaya penghapusan segala bentuk perdagangan manusia. Negara yang lalai dalam berbagai aspek, menyebabkan trafficker dan jaringannya dapat dengan leluasa menjalankan aksinya yang tentu saja perbuatan ini sangat bertentangan dengan hak asasi manusia. 

Daftar Pustaka:
Etty Padmiati dan Kissumi Diyanayati, (2010), “Peran lslam dalam Penanganan  Perdagangan (Trafficking) Perempuan dan Anak di Provinsi Sumatera Utara”.  Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol.IX, No.33, hlm.105-124.
Etty Padmiati, (2012), “Kabupaten Pakpak Bharat buat Rencana Aksi Model  Kolaborasi Lintas Sektoral dalam Penanggulangan Masalah Trafficking”,  Media Informasi, Vol.36, No.1, hlm. 79-93.
Hempri Suyatna, (2006), “Memotong Lingkaran Setan Perdagangan Anak Indonesia”, Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol. V, No. 18, hlm. 63-74.
Ikawati dan Murdiyanto, (2012), “Pencegahan Trafficking melalui Pemberdayaan  Keluarga Miskin di Daerah Asal TKW: Kasus Desa Julumate’ne Sulawesi  Selatan”, Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol.11, No.4, hlm. 412-425.
Syamsuddin dan Gunadi Setyo Utomo, (2012), “Human Trafficking dan Kelalaian  Negara”, Media Informasi, Vol.36, No.2, hlm. 201-218.
Moh. Isyam dan Muh Syamsuddin, (2007), “Perdagangan Wanita (Women  Trafficking) Suatu Fenomena Kekerasan terhadap Perempuan”, Jurnal  Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol. VI, No.21, hlm. 17-30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar