Senin, 21 April 2014

Perjuangan Wanita Jawa Tengah dalam Pergerakan Nasional



Pada awalnya pergerakan wanita di Indonesia hanya memiliki sedikit peluang umtuk berkembang, terutama pada saat masa pendudukan Jepang (1942-1945). Satu-satunya organisasi yang dizinkan berjalan adalah Fujinkai. Perkumpulan ini ditujukan untuk memerangi buta huruf, menjalankan dapur umum, dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Melalui kegiatan-kegiaan tersebut, kaum perempuan Indonesia dari kelas atas dan menengah dapat bergaul dengan perempuan kelas bawah sekaligus menciptakan ikatan yang sangat kuat diantara mereka. 
Pengaruh Barat mulai memasuki masyarakat Jawa pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke-20. Para Bupati atau bangsawan yang jumlahnya masih sedikit di daerah Jawa Tengah yang sudah berpendidikan dan berpikir maju, antara lain Bupati Demak R.M.A.A. Hadiningrat; Bupati Jepara R.M.Adipati Sosroningrat; Bupati Pati P.A. Condronegoro yang dikenal karena tulisan tentang kisah perjalannan di Jawa serta bebarapa karangannya yang dimuat dalam majalah Lembaga Kebudayaan. Bupati Kudus yang juga mendatangkan guru Belanda untuk mendidik putra-putranya. Pada tahun 1902 ada beberapa bupati yang pandai menulis dan bekomunikasi dengan bahasa Belanda, antara lain Akhmad Jayadiningrat, Bupati Serang; R.M.A.A. Hadiningrat, Bupati Demak ; dan R.M. Adipati Sosroningrat.
Di samping itu terdapat beberapa juga beberapa orang yang telah mencapai kemajuan yang setaraf dengan orang eropa, seperti R. Saleh Syarif Bustaman; R.M. Ismangun Danuwinoto; Kolonel Mayangkara, Mas Atmodirono, dan Raden Kamil. Dari beberapa orang tersebut, timbul gagasan baru yang merupakan reaksi dari golongan priyayi terpelajar terhadap pemerintahan kolonial dan diskriminasi pendidikan yang dialami oleh bangsa Indonesia. Demikian itu, dapat dikatakan bahwa gejala lahirnya pergerakan nasional telah mulai nampak, khususnya di Jawa Tengah.
Pergerakan nasional Jawa Tengah dalam hubungan ini tidak bisa terlepas dari peranan R.M.A.A. Hadiningrat, Bupati Demak, dan R.A. Kartini, seorang putri dari Bupati Jepara. Kedua tokoh ini dianggap sebagai perintis bangunnya kaum terpelajar bangsa Indonesia. Pemikiran kedua ini yang maju dan memiliki pengaruh telah membawa perubahan bagi lahirnya pergerakan nasional di Jawa Tengah, khususnya.
R.M.A.A. Hadiningrat, Bupati Demak pada akhir abad ke-19 adalah seorang bupati yang telah berpikir maju dan memiliki pengaruh yang besar di antara bupati di Indonesia pada akhir abad ke-19. Ia sering dimintai pendapatnya oleh pemerintah Hindia-Belanda. Pada tahun 1893 pemerintah menunjuk R.M.A.A. Hadiningrat untuk mengadakan penyelidikan sebab terjadinya kemunduran wibawa bupati di mata kalangan rakyat. Selanjutnya memberikan saran untuk mengatasi masalah tersebut.
Pada tahun 1899, R.M.A.A. Hadiningrat menerbitkan hasil laporan penyelidikan mengenai sebab kemunduran wibawa bupati di mata rakyat. Menurutnya, kesalahan terletak karena kurangnya kesempatan pendidikan bagi orang Jawa. Para bupati yang tidak berpendidikan Barat tidak diperhatikan oleh penguasa Belanda, sehingga menyebabkan kehilangan wibawa dan menunjukan sikap rendah diri. Hadiningrat menganjurkan agar di masa depan diberi kesempatan  pendidikan sekolah yang lebih tinggi, kepada calon bupati. Dengan demikian ia telah menekankan unsur yang baru di dalam pengangkatan pegawai pamongpraja, ialah hak dan pendidikan bukan semata-mata keturunan dan darah.
Faktor Pendukung dan Tokoh Gerakan Wanita di Jawa Tengah
Lahirnya pergerakan wanita di Indonesia, khususnya Jawa Tengah, tidak terlepas dari putri Bupati Jepara, yaitu R.A. Kartini (21 April-17 September 1904). Kartini dilahirkan pada tanggal 21 April 1879 sebagai keturunan kelima dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, sebagai Bupati Jepara yang memerintah 1880-1905. Kartini lahir ketika ayahnya menjabat sebagai Wedana di Mayong, Kabupaten Jepara. Kartini mengalami pendidikan sampai tamat ELS (Europeesche Lagere School) di Jepara tetapi tidak berhasil melanjutkan pelajarannya ke HBS (Hoogere Burger School) Semarang, karena tidak diizinkan oleh ayahnya. Pada waktu itu Kartini sudah berumur 12 tahun yang dianggap “Remaja Putri”, usia di mana adat harus mulai “dipingit”.
Semangat nasionalisme yang dimiliki oleh R. A. Kartini mulai muncul sejak beliau masih remaja dan semakin tak gentar ketika beliau sering mengirim surat dengan teman-teman yang berada di luar negri. Didalam surat-surat tersebut, R. A. Kartini mencurahkan segala cita-cita dan gagasannya. Seperti surat yang ditujukan kepada Nyonya Abendanon pada tanggal 25 Agustus 1903. Didalam surat tersebut, beliau menuliskan bahwa gagasan beliau didukung oleh keluarga dan masyarakat disana. Terkadang beliau lupa untuk memikirkan masa depan beliau sendiri, karena beliau terlalu memikirkan bagaimana nasib masyarakat di luar sana. Dahulu, beliau berangan-angan bahwa suatu saat nanti, beliau akan menjadi seorang kakak atau seorang ibu bagi orang-orang diluar sana. Akan tetapi, hal itu membuat hati beliau senang. 

Selama kehidupannya berada di sekolah, ia banyak mendapatkan teman anak orang Belanda dan berkenalan dengan alam pikir serta pengetahuan Barat. Kesan yang diperolehnya seiring bertambahnya usia dan buku yang dibaca, telah menumbuhkan keyakinannya bahwa kedudukan kaum wanita sangat rendah. Kartini bercita-cita ingin menjadi guru bagi anak para bupati. Putri bangsawan wajib membimbing dan memimpin kaum wanita untuk mencapai kemajuan. Namun, sayangnya usulan Abendanon untuk mendirikan sekolah tersebut ditolak oleh Pemerintah Hindia-Belanda atas desakan para bupati yang merasa keberatan. 
Di dalam Kabupaten Jepara, Kartini mendapatkan kamar kerja sendiri, tempat untuk membaca dan menulis surat kepada kenalannya yang kebanyakan mempunyai kedudukan di masyarakat. Di samping itu Kartini sebelum melakukan perkawinan, telah melaksanakan cita-citanya dengan mendirikan sekolah kecil-kecilan di dalam kabupaten untuk anak pegawai negeri. Di antara temannya yang dikirimi surat adalah orang Belanda yang tergolong kelompok etis di dalam pemerintahan seperti J.H. Abendanon, Direktur Departemen Pendidikan tahun 1900-1905; N. Adriani dan lain-lain. Surat-surat kartini menunjukan persahabatan yang dalam dan cita-cita untuk membebaskan kaum wanita dari keterbelakangan, serta penentangan terhadap adat yang menghambat kemajuan bagi wanita.
Surat-surat yang ditulis oleh Kartini tentang pergaulan dalam lingkuangan, keadaan rakyat yang terbelakangdan sengsara adat-istiadat kuno, seperti pemberian hormat dan pingitan terhadap anak gadis, perkawinan yang merendahkan derajat kaum wanita. Kartini juga mengecam pejabat Belanda yang tidak menaruh hormat kepada para bupati serta menunda-nunda perluasan pendidikan bagi orang bumiputera karena dianggap membahayakan kedudukan pemerintahan Hindia-Belanda.
Surat-surat Kartini diterbitkan untuk pertama kali pada tahun 1911, setelah kematiannya. Surat itu diterbitkan oleh Tuan dan Nyonya Abendanon dengan judul “Door Duisternis tot Licht” (Habis Gelap Terbitlah Terang). Pada Tahun 1923 buku tersebut dicetak untuk keempat kalinnya dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Inggris, arab, dan Perancis. Maksud dari penerbitan itu adalah untuk mendapatkan dana mendirikan sekolah gadis dan sekolah guru perempuan di Indonesia. tahun 1921 didirikan  Fonds Kartini di Den Haag untuk membiayai  Sekolah Kartini dengan Bahasa Belanda sebagai Pengantar yang telah di Semarang, Jakarta, Malang, Bogor, dan dengan bahasa daerah di Cirebon, Rembang, Pekalongan, Indramayu, dan Surabaya.
Tahun 1912 telah dibuka Sekolah Kartini yang pertama di Semarang atas dorongan Mr. Deventer. Kemudian berdiri pula “Van Deventer Fonds”, tujuannya adalah sama seperti Fond Kartini untuk tingkat sekolah lanjutan, dan sekolah guru Van Deventer di Semarang adalah salah satu hasil dari kegiatan tersebut. Surat-surat dan pendirian sekolah dari Kartini di berbagai tempat, membuatnya tidak terlepas dari pergerakan kaum wanita.
Pengaruh Gerakan Wanita di Jawa Tengah
Setelah didengungkannya emansipasi wanita, banyak bermunculan perkumpulan-perkumpulan wanita di Indonesia seperti Perwani (Persatuan Wanita Negara Indonesia). Perwani merupakan perkumpulan yang sangat populer di Indonesia. Usaha-usaha yang dilakukan oleh Perwani adalah dengan mengadakan kongres. Atas inisiatif Perwani cabang Yogyakarta yang dipimpin oleh Nyonya D. D. Susanto, kongres perempuan pertama setelah proklamasi kemerdekaan dilaksanakan di Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 15-17 Desember 1945 yang diketuai oleh Nyonya Kartowijono dan Nyonya Maria Ulfah Santoso. Pada pertemuan tersebut, Perwani dan perkumpulan perempuan yang lainmelebur menjadi satu dalam organisasi yang bernama Perwari (Persatuan Wanita Republik Indonesia). 
Pertemuan selanjutnya diadakan di Solo pada tanggal 24-26 Februari 1946. Pada pertemuan tersebut diputuskan untuk membuat suatu organisasi tetap yang bernama Badan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang terdiri dari Perwari dan PPII, Persatuan Wanita Kristen Indonesia dari Protestan, dan seksi peremouan Partai Katolik Indonesia. Kowani memiliki hak kuasa untuk membuat keputusan yang menyangkut kepentingan perkumpulan yang berada di dalamnya. 
Kongres kedua perempuan Indonesia tidak diadakan di Jawa Tengah, melainkan di Madiun, Jawa Timur. Dalam kongres yang dilaksanakan sejak tanggal 14 Juni sampai 16 Juni 1946 dan dihadiri tiga belas perwakilan dari masing-masing perkumpulan memutuskan bahwa mereka akan membantu tentara republik dengan segala cara untuk melawan Belanda. Mereka berinisiatif akan membentuk dapur umum dan berjuang di garda depan dalam menangani aktivitas semacam ini. 
Kongres ketiga Konwani diselenggarakan di Magelang, Jawa Tengah pada tanggal 14-16 Juli 1946 yang dipimpin oleh Nyonya Soenarjo Mangoenpoespito. Peertemuan tersebut dilaksanakan setelah delapan bulan perjanjian Linggajati 15 November 1946. Pada waktu itu, Belanda secara de facto mengakui Republik Indonesia sebagai negara federal yang masih berada di bawah pengawasan Belanda. Ketidakstabilan politik tejadi pada saat itu, sehingga kongres memutuskan untuk mengirim surat tanda penghargaan perkumpulan perempuan progresif di Belanda yang menyesalkan pengiriman pasukan Belanda ke Indonesia. Beberapa setelah kongres berakhir, pasukan Belanda melancarkan agresi militernya. 
Kongres keempat Konwani yang diselenggarakan di Solo pada tanggal 26 sampai 28 Agustus 1948 yang dipimpin oleh Nyonya Soepeni Poedjoboentoro setuju mendasarkan segala aktivitas mereka pada lima prinsip dasar Pancasila
Agresi militer Belanda yang terjadi di Yogyakarta menghambat komunikasi dari perkumpulan perempuan di Indoensia. Melalui tekad yang kuat dan inisiatif mereka untuk menyelenggarakan konferensi. Konferensi Konwani dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 2 September 1949 yang diketuai oleh Nyonya Soepeni. Konferensi tersebut dikenal dengan nama Permusjawaratan Wanita Indoensia. Konferensi tersebut dihadiri para delegasi dari seluruh daerah yang bebas atau masih dibawah pemerintahan Belanda dan 82 organisasi perempuan dari seluruh Indoensia. 
Bukti terbesar dari semangat kaum perempuan ini, dengan keinginan mereka untuk bersatu bahwa konferensi ini dilaksanakan di negara yang terpecah menjadi dua bahkan sudah hancur dan serba kekurangan. Hal terpenting yang disusun sebelum Konferensi Meja Bundar, adalah kesetiaan mutlak kepada para pemimpin yang akan berunding dan dukungan mereka kepada republik yang tidak terpisah. Para delegasi ini, dengan visi ke depan juga merumuskan tuntutan dasar.  



PENUTUP
Kesimpulan
Pada awalnya pergerakan wanita di Indonesia hanya memiliki sedikit peluang umtuk berkembang, terutama pada saat masa pendudukan Jepang (1942-1945). Satu-satunya organisasi yang dizinkan berjalan adalah Fujinkai. Perkumpulan ini ditujukan untuk memerangi buta huruf, menjalankan dapur umum, dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Melalui kegiatan-kegiaan tersebut, kaum perempuan Indonesia dari kelas atas dan menengah dapat bergaul dengan perempuan kelas bawah sekaligus menciptakan ikatan yang sangat kuat diantara mereka. 
Pengaruh Barat mulai memasuki masyarakat Jawa pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke-20. Para Bupati atau bangsawan yang jumlahnya masih sedikit di daerah Jawa Tengah yang sudah berpendidikan dan berpikir maju, antara lain Bupati Demak R.M.A.A. Hadiningrat; Bupati Jepara R.M.Adipati Sosroningrat; Bupati Pati P.A. Condronegoro yang dikenal karena tulisan tentang kisah perjalannan di Jawa serta bebarapa karangannya yang dimuat dalam majalah Lembaga Kebudayaan. Bupati Kudus yang juga mendatangkan guru Belanda untuk mendidik putra-putranya. Pada tahun 1902 ada beberapa bupati yang pandai menulis dan bekomunikasi dengan bahasa Belanda, antara lain Akhmad Jayadiningrat, Bupati Serang; R.M.A.A. Hadiningrat, Bupati Demak ; dan R.M. Adipati Sosroningrat.



DAFTAR PUSTAKA
Maria Ulfah Subadio dan T. O. Ihromi.1994.Peranan dan Kedudukan Wanita Indonesia.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 
Ruth Indiah Rahayu.2008.Sejarah Perempuan Indonesia: Gerakan dan Pencapaian.Jakarta: Komunitas Bambu.
Zainal Arifin Thoha.2003.Runtuhnya Singgasana Kiai: “NU, Pesantren dan Kekuasaan; Pencarian Tak Kunjung Usai”.Yogyakarta: Penerbit Kutub. 
Suhartono.1994.Sejarah Pergerakan Nasional.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar