Senin, 14 April 2014

Perubahan Struktur Morfologi Kota Padang


A. Kota Padang zaman Kolonial
Kota Padang merupakan ibu Kota provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Orang Minangkabau adalah penghuni pertama daratan ini, tetapi Padang mendapat ciri-ciri kekotaannya dimulai saat kedatagan orang-orang asing, yang pertama yaitu orang-orang Aceh, kemudian digantikan oleh penjajah Belanda dan selanjutnya Cina. Padang pada abad ke-18 dan ke-19 tumbuh menjadi Kota dagang, sekaligus Kota militer Pemerintahan Hindia Belanda.
Pada masa pemerintahan Inggris, pemerintah mengizinkan sejumlah perusahaan dagang untuk membangun tempat yang kokoh di Kota Padang. Kembalinya penjajahan Belanda pada tahun 1819, pemerintah Belanda menjadi pemegang utama ekonomi dari hasil pelelangan kopi, produksi batu bara, dan rel kereta api. Tentara menjadi kelompok pemegang banyak lahan dan bangunan di Padang. Pemerintan dan tentara berada di tangan orang Eropa, dan perusahaan dimiliki oleh orang Indo-Eropa. Pemerintah juga mendirikan benteng VOC yang terletak sekitar 1,25 kilometer ke arah darat dari pelabuhan Muaro Padang, dan menempati lahan seluas 1 hektare. Benteng tersebut dikatakan, dihuni oleh residen Padang, beberapa orang pembantu, dan sepasukan tentara.
Kota Padang berawal dari pinggir sebelah kiri sungai Batang Arau tetapi kemudian meluas kedaratan di pinggir kanan, sebab perkembangan kearah selatan terhalang oleh Gunung Padang. Maka tak heran jika saat ini terdapat bangunan–bangunan bernuansa klasik di tepi sungai Batang Arau. Pada zaman kolonial, didekat sungai Batang Arau menjadi kawasan perkantoran pemerintahan, perdagangan, dan militer. Sebelum tahun 1800an semuanya tepusat di sekitar sungai, tetapi pinggiran disebelah kanan belum terlalu mencolok kegunaannya. Saat Belanda mulai menjajah kembali perluasan Kota diarahkan ke sepanjang jalur-jalur lurus menuju utara dengan mendirikan lebih banyak bangunan yang kokoh.
Sebelum penemuan batu bara yang mengakibatkan dibangunnya rel kereta api, pelabuhan Emmahaven dan makin bnyak kapal yang berlabuh, Padang adalah Kota yang teratur dan ramah tetapi terletak di bagian Indonesia yang terpencil. Pelabuhan Emmahaven merupakan wilayah Kota yang memiliki ciri tersendiri, karena terpisah dari Kota oleh Gunung Padang. Dibangunnya Rel kereta api mendorong pertumbuhan ke arah timur.

B. Perkembangan dan Perubahan Struktur Morfologi Kota Padang 
Kota selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan dalam hal ini menyangkut aspek-aspek: politik, sosial budaya, teknologi, ekonomi, dan fisik ruang Kota itu sendiri. Perkembangan fisik Kota dapat diindikasikan secara kasat mata melalui penggunaan lahan. Pertumbuhan populasi mengiringi kepada perluasan Kota. Tahun 1819 populasi di kota Padang berjumlah 8.500 jiwa. Pada tahun 1905 meningkat menjadi 47.000. Menjelang kemerdekaan, tahun 1940, populasi Padang berjumlah 60.000. Dan di tahun 1990, berjumlah 631.543 jiwa. Sekarang berjumlah hampir mendekati satu juta jiwa.
Padang dihuni oleh masyarakat majemuk dimana kelompok suku telah lama tinggal dan menjalani hidup disana, yaitu suku Minangkabau yang merupakan penduduk mayoritas di Padang. Sementara suku minoritasnya seperti Nias, Cina dan Jawa. Sejak VOC menduduki Padang, daerah ini menjadi sebuah pemukiman perkotaan. Kota Padang menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan Sumatera Barat dengan daerah lain di Indonesia dan negara-negara asing. Pertambahan populasi yang terus menerus mengakibatkan peningkatan kepadatan perumahan, lahan dan perluasan perkotaan.
Perluasan kota Padang bukan berbentuk lingkaran konsentrik melainkan dalam bentuk memanjang ke arah utara. Pusat Kota juga berpindah dari Batang Arau ke sebelah utaranya. Perluasan Padang ke arah utara adalah suatu hal yang wajar terjadi, mengingat bentuk geografis Padang tidak memungkinkan meluas ke semua arah. Ke barat, dengan berpedoman benteng VOC sebagai pusat kota di kala itu, sudah dipastikan tak bisa karena ada Samudera Hindia. Sementara ke arah selatan, berdiri menjulang Gunung Padang. Sebab itu, perluasan ke arah utara dan mungkin mendekati timurlah yang memungkinkan. Kita masih bisa menyaksikan hingga saat ini, dengan benteng VOC sebagai titik nol, Padang Kota Lama mengembang ke arah utara dan timur.
Di abad ke-19an pusat Kota pindah dari daerah sekitar dermaga Batang Arau ke utara. Hal tersebut dikarenakan beberapa perusahaan jasa dan pemerintah lebih suka berlokasi ditengah-tengah konsumen mereka. Saat pemindahan pusat Kota tersebut pasar-pasar yang berada di sekitar dermaga menjadi lesu, sementara pasar yang berada di utara dekat dengan pusat Kota yang baru menjadi berkembang. Jalan-jalan pertokoan telah berkembang dari segala arah dari pasar utama yang baru. Kantor-kantor pemerintah mengikuti penduduk ke arah utara, dan Balai Kota merupakan bangunan yang pertama pada tahun 1936. Pada tahun 1970-1980an bank-bank juga pindah ke pusat Kota untuk mencari nasabah. Sejalan dengan perpindahan pusat Kota maka harga tanah yang tertinggi juga bergeser dari areal sungai ke utara.
Masyarakat kolonial Indonesia yang majemuk melahirkan kota-kota dimana berbagai etnik hidup berkelompok masing-masing. Pola perumahan di Padang pada masa Kolonial brdasarkan rasial dan pemisahan berdasarkan sosial-ekonomi saat ini. Setelah kebijakan De Stuer untuk memberikan sertifikat kepada siapa saja yang membuka lahan, maka orang-orang Eropa membangun rumah disepanjang jalan utama. Penduduk asli tinggal di kampung, kampung dapat digambarkan sebagai suatu kampung pedesaan yang masuk kedalam kota (pinggiran kota). Etnis minoritas non-Eropa memiliki daerahnya sendiri, seperti kampung Nias, kampung Jawa, dan kampung Cina yang merupakan hunian etnis yang memiliki karakteristik etnis yang kuat sampai saat.
Kepemilikan tanah di Padang memiliki ciri yang khas yaitu tanah ulayat Minangkabau melalui kaum dan suku. Tanah diperoleh melalui proses individualisasi dan rekomunalisasi (kegiatan menjadikan kembali sebagai tanah ulayat). Kepemilikan tanah yang khas tersebut juga memiliki beberapa pengaruh dalam pembangunan Kota, hal tersebut dapat terlihat seperti dalam pengembangan perumahan, dimana para penanam modal kurang berminat menanamkan modalnya di Padang karena mereka khawatir terlibat dalam perselisihan tanah keluarga.
Perkembangan Kota Padang yang lain seperti pembangunan rel kereta api, saluran banjir, jalan bypass, pelabuhan dan bandara juga sangat sulit. Pemerintah lokal Padang harus menyediakan lahan yang diperlukan, namun hal itu bukan persoalan yang mudah mengingat setatus kepemilikan lahan yang khas di Padang yaitu tanah ulayat Minangkabau.




Sumber: Colombijn, Freek. 2006. Paco-paco (Kota) Padang: sejarah sebuah kota pada abad ke 20 dan pengunaan ruang kota.Yogyakarta: Ombak. 
 Colombijn, Freek. 2005. Kota Lama Kota Baru: Sejarah Kota-kota di Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
 Elizabeth E. Graves. 2007. Asal-usul Elite Minangkabau Modern: Respon terhadap Kolonial Belanda Abad XIX/XX. Jakarta: Obor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar